Hi, Friends ! welcome to www.Kusuka.web.id. | About Us | Contact | Register | Sign In
Berita Islam Dakwah Kebesaran Allah Motivasi Cinta Pernikahan Remaja Keluarga
Berita Islam Berita Nasional Berita Dunia Berita Banua
Bisnis Syariah Bisnis Online Wirausaha Agribisnis Dollar Halal
Makanan Minuman Kue
Anime Lucu Nasyid Bola Movies Aneh
Anime Lucu Nasyid Bola Movies Aneh
Anime Lucu Nasyid Bola Movies Aneh
Anime Lucu Nasyid Bola Movies Aneh
Anime Lucu Nasyid Bola Movies Aneh
Anime Lucu Nasyid Bola Movies Aneh

Spesies Trigona sp yang terdapat di Indonesia


berdasarkan hasil penelitian di Universitas Mullawarman, dapat di temukan 9 jenis spesies trigona yang antara lain sebagai berikut

Dari 9 jenis spesies tersebut, tentunya masih banyak lagi yag mungkin akan ditemui spesies trigona di daerah lain di Indonesia. Untuk sementara yang saya sebutkan adalah bersumber dari riset di Kalimantan. Akan tetapi dengan 9 jenis ini, boleh dikatakan bisa dikembangkan ke dalam skala komersial melalui pemuliaan dan budidaya.

Saat ini saya sudah mempunyai 1 koloni T. Carbonaria, dan jenis lain yang biasa di piara di bambu oleh penduduk lokal di daerah saya. Kedua spesies ini sama persis bentuknya, hanya saja yang membedakan adalah ukurannya yang 3-4 kali lebih besar. Spesies lain yang kira-kira sama besarnya (hampir sama) dengan T.Carbonaria akan tetapi warnanya lebih terang (orange kecoklatan) yang mungkin salah satu dari spesies yang saya sebutkan diatas. Saya tidak bisa menyebutkan, karena saya belum pernah melihat ukuran sebenarnya.


Nah, dengan beragam yang kita punya spesies trigona sp, memungkinkan untuk mengupayakan menjadi skala komersial dan berpotensi bisnis. Riset tentang prilaku trigona, siklus hidup, foraging, lanscaping, masih perlu dikembangkan untuk bisa mengopitmalkan potensi lahan terbatas kita untuk meningkatkan kesejahteraan. Nah...PR buat kita semua, terutama bagi para peneliti, perlu lah kiranya hasil penelitian di publikasikan secara umum, agar lebih bermanfaat bagi khalayak lain, sebagaimana yang telah dipublikasikan oleh peneliti lain di negara di luar sana (brasil, eropa, amerika, dll)

Artikel Terkait:

1 komentar:

kusuka mengatakan...

Terimakasih atas informasinya

Posting Komentar